Makalah Tari | Makalah Tari Wirayuda

TUGAS SENI BUDAYA


 



Nama Kelompok:
                                                                                                                       
I MADE ARYA DWISADA (05)
I WAYAN GUNARTA (17)
I GEDE ARIANTO (04)
I WAYAN DEDI SUARJANA(07)



TARI WIRAYUDA
SMK NEGERI 1 ABANG TAHUN AJARAN 2015/2016


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat yang diberikan-Nya sehingga tugas Makalah yang berjudul “TARI WIRAYUDA” ini dapat saya selesaikan. Makalah ini saya buat sebagai kewajiban untuk memenuhi tugas seni budaya.

Dalam kesempatan ini, saya menghaturkan terimakasih yang dalam kepada semua pihak yang telah membantu menyumbangkan ide dan pikiran kepada saya demi terwujudnya makalah ini. Demi sempurnanya makalah ini saya ingin adanya kritik dan saran. Semoga makalah ini cukup bermanfaat.
            Terima kasih.


 Penulis










i

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...........................................................................................   i
DAFTAR ISI.........................................................................................................   ii
BAB I PENDAHULUAN..............................................................................    1
1.1  LATAR BELAKANG....................................................................................    1
1.2  RUMUSAN MASALAH................................................................................   1
1.3  TUJUAN...........................................................................................................1
1.4  MANFAAT ......................................................................................................1
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................  2
2.1. TARI WIRAYUDA TERMSUK JENIS TARI APA?....................................    2
2.2. FUNGSI TARI WIRAYUDA........................................................................   2
2.3 UNSUR-UNSUR TARI WIRAYUDA...........................................................   2
            BAB III PENUTUP...................................................................................   4
3.1. SIMPULAN.....................................................................................................4
3.2. SARAN............................................................................................................4







ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Bali merupakan daerah yang kaya dengan budaya. Seperti halnyakesenian tari yang terkenal akan keidahannya. Dilihat dari asal katanya tari merupakan ungkapan perasaan manusia yang dinyatakan dengan gerakan-gerakan tubuh manusia. Tari adalah salah satu jenis gerak selain senam, bela diri, akrobatik, atau pantomime. Sebagai seni, tari memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan seni-seni lain.Seni tari secara umum memiliki aspek-aspek gerak, ritmis, keindahan, dan ekspresi. Selain itu, seni tari memilki unsur-unsur ruang, tenaga, dan waktu.
Salah satu contoh tarian daerah Bali yaitu tari “Wirayuda”.  Tari ini menggambarkan sekelompok prajurit Bali Dwipa yang sedang bersiap-siap untuk maju ke medan perang. Memakai hiasan kepala berbentuk udeng-udengan, tarian yang merupakan produksi Sanggar Tari Bali Waturenggong ini adalah ciptaan I Wayan Dibia pada tahun 1979.

1.2. RUMUSAN MASALAH
1.2.1. Termasuk ke dalam jenis tari apakah tari Wirayuda?
1.2.2. Apakah fungsi tari Wirayuda?
1.2.3. Apakah unsur-unsur tari dari tari Wirayuda?
1.3. TUJUAN
            1.3.1.  Mengetahui unsur-unsur dari tari Wirayuda
            1.3.2.  Mengetahui fungsi tari Wirayuda
            1.3.3. Mengetahui tari Wirayuda termasuk jenis tari apa?
1.4. MANFAAT
1.4.1. Bagi seluruh rakyat Bali agar dapat mengembangkan tarian Bali
1.4.2. Bagi pelajar agar dapat mengetahui lebih dalam tentang tari                Wirayuda


1



BAB II
PEMBAHASAN


2.1. TARI WIRAYUDA TERMSUK JENIS TARI APA?
Menurut jumlah penari saat penyajiannya, tari Wirayuda merupakan tari berpasangan. Karena tari ini ditarikan berpasangan dengan unsur saling melengkapi satu sama lainnya. Dan biasanya tarian ini ditarikan oleh 2 sampai 4 p-asang penari.
2.2. FUNGSI TARI WIRAYUDA
            Tari wirayuda memiliki fungsi sebagai tari pertunjukan, karena tari ini tidak memiliki fungsi di bidang keagamaan.
2.3 UNSUR-UNSUR TARI WIRAYUDA
            2.3.1 Gerak
Gerak tari pada tari wirayuda termasuk gerakan menirukan gerak gerik manusia(mimitif) saat berperang.
            Gerakan tari wira yuda :
Pepeson
 Dimulai dengan gerak malpal,ngeed,piles kanan,agem kanan,seledet tengah,seledet pojok,cegut,agem kanan,tangan kanan di bawa ke tangan kiri,piles kiri,nyegut,angkat kaki kiri,tangan di buka taruh kaki kiri ngoyog dimulai dari kaki kiri ke kanan sebanyak 4 kali,piles kaki kiri,agem kiri,seledet tengah,seledet pojok,piles kaki kiri,agem kiri,tangan kiri di bawa ke tangan kanan,piles kiri,nyegut,angkat kaki kanan,tangan di buka,taruh kaki kanan,ngoyog,di mulai dari kaki kanan ke kiri sebanyak 4 kali,piles kaki kanan,agem kanan,jalan di mulai dari kaki kiri,tanjek kiri kanan,diangkat  kaki kanan,tangan di tutup,tanjek  kanan,tanjek kiri,kaki kiri diangkat,tangan kiri lurus,tanjek kiri,tanjek kanan,kaki kanan diangkat,tangan ditutup,dan seterusnya sampai hitungan 5,pada hitungan 5 taruh kaki kanan,piles kanan,agem kanan,piles kiri,jalan di mulai dari kaki kiri putar kanan untuk yang kiri putar kiri,untuk yang dikiri kembali menghadap kanan putar ke kiri,untuk yang di kiri kembali menghadap kedepan,agem kanan.
   Pengawak
Agem kanan,piles kiri,ngeliyer,cegut,angkat kaki kiri,taruh kaki kiri,ngoyog kekiri,ke kanan,angkat kaki kiri,taruh,agem kiri,piles kanan,ngeliyer,cegut,angkat kaki kanan,taruh kaki kanan,ngoyog ke kanan,kekiri sebanyak 4 kali,angkat kaki kanan,taruh,agem kanan,,jalan di mulai dari kaki kiri,tanjek kiri,kanan,diangkat kaki kanan,tangan di tutup,tanjek kanan,kiri,kaki kiri diangkat,sampai hitungan ke
2
6,pada hitungan ke 6 kecog,jalan ke belakang 5x,pada hitungan 6 lansung agem kanan,gerak nusuk ke samping kiri,kaki kanan,silang kebelakang,kipek ke depan,tanjek kanan,angkat kaki kanan,tanjek kaki kanan,angkat kaki kiri,tangan posisi agem,jalan di mulai dari kaki kiri,hadap-hadapan,agem kanan,tusuk ke kiri,tanjek kanan,angkat kaki kanan,tanjek kanan,tanjek kiri,angkat kaki kiri,tangan di buka,jalan berputar menghadap ke depan,agem kanan,gerakan bergeser ke kiri dan ke kanan,dengan tongkat di tangan lurus ke atas,diam di tempat posisi ngeed,pola di getarkan,geser ke kiri,kanan, langsung berjalan berhadapan,gerakan bergeser ke kiri kanan,dengan tongkat di atas tangan lurus ke atas,diam di tempat posisi ngeed pada bahu di gerakkan,geser kiri kanan langsung berjalan,putar menghadap ke depan agem.
   Pekaad
Dari posisi agem kanan,berjalan putar ke kanan untuk yang di kanan,putar ke kiri untuk yang di kiri (putar pojok,tengah),hadap-hadapan tenbok di tengah,kaki kanan mengais tombak di bawa ke belakang,tombak lurus di gerakkan kaki bergetar,piles kanan,tombak naik turun,langsung saling tusuk dari kanan (yang di kiri menangkis) waktu nusuk kaki kiri maju 2x,kemudian tombak di atas silang (kaki kanan di depan),waktu gerakan nangkis(kaki kanan di depan) kemudian tombak di atas silang tukar tempat (kaki kiri maju,di lanjutkan kakii kanan)kaki kiri kanan di gerakkan,piles kanan,agem kanan,piles kiri,langsung jalan di mulai dari kaki kiri,pindah tempat,agem kanan,gerakan sama dengan di atas yaitu kembali gerakan nusuk dan nangkis langsung menghadap ke depan tusuk 4 kali,berbalik,dan nusuk ke be lakang 5x

            2.3.2. Komposisi Tari Wirayuda
                        Tari Wirayuda menggambarkan kepahlawanan. Tarian ini dikembangkan dari beberapa jenis tari Baris Gede (tari Baris upacara) terutama sekali Baris Tumbak atau Baris Katekok Jago. Ditarikan oleh antara 2 sampai 4 pasang penari pria bersenjatakan tombak, dengan penuh ekspresi jiwa serta wajah dan mimik. Tari ini menggambarkan sekelompok prajurit Bali Dwipa yang sedang bersiap-siap untuk maju ke medan perang.
            Selain itu media pengungkapannya didukung oleh alat yaitu tombak. Biasanya pola yang digunakan berbaris ke belakang.






3
BAB III
PENUTUP

3.1. SIMPULAN
Tari Wirayuda menggambarkan kepahlawanan. Tarian ini dikembangkan dari beberapa jenis tari Baris Gede (tari Baris upacara) terutama sekali Baris Tumbak atau Baris Katekok Jago. Ditarikan oleh antara 2 sampai 4 pasang penari pria bersenjatakan tombak, dengan penuh ekspresi jiwa serta wajah dan mimik. Tari ini menggambarkan sekelompok prajurit Bali Dwipa yang sedang bersiap-siap untuk maju ke medan perang.

Memakai hiasan kepala berbentuk udeng-udengan, tarian yang merupakan produksi Sanggar Tari Bali Waturenggong ini adalah ciptaan I Wayan Dibia pada tahun 1979.
Pola Gerak

3.2. SARAN
3.2.1. Melalui paper ini diharapkan agar pemerintah lebih memeperhatikan budaya-budaya Bali di bidang seni tari agar tetap lestari.
3.2.2. Melalui paper ini diharapkan agar para pelajar mau memperdalam pengetahuannya tentang seni tari wirayuda












Makalah Tari | Makalah Tari Wirayuda Makalah Tari  | Makalah Tari Wirayuda Reviewed by Unknown on 12.53 Rating: 5

2 komentar

Comments